Cerita Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-hari dan Artinya



Sebagai pembelajar bahasa Arab tentu kita mesti mahir menceritakan kegiatan sehari-hari dalam bahasa Arab, karenanya di sini Admin akan membagikan cerita pendek bahasa arab tentang kegiatan sehari-hari berikut terjemahan dan harakatnya.

Dalam insya atau karangan aktifitas sehari-hari bahasa Arab ini diceritakan tentang kegiatan seorang perempuan yang namanya Fatimah dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Semoga dengan adanya contoh kegiatan dari bangun tidur sampai tidur lagi dalam bahasa arab beserta harokatnya ini dapat membantu kita untuk lebih mahir lagi dalam mengarang bahasa arab khususnya tentang aktivitas sehari-hari.

Berikut di bawah ini Contoh Cerita Bahasa Arab tentang Kegiatan Sehari-hari dan Artinya:

أَعْمَالِيْ اليَوْمِيَّةِ
(Kegiatanku Sehari-hari)

أَنَا فاطمة، سَأُحْكِيْ قِصَّةَ أَعْمَالِي اليَوْمِيَّةِ مِنَ الاِسْتِيْقَاظِ إِلَى النَّوْمِ. أَسْتَيْقِظُ فِي السَّاعَةِ الخَامِسَةِ صَبَاحًا، ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى الحَمَّامِ لِلسِّوَاكِ وَأَتَوَضَّأُ فِيْهِ، وَبَعْدَ ذلِكَ أصلي مع أمّي في البيت، وَبَعْدَهَا نَذْكُرُ اللهَ معا وَقَرَأْنَا التَّسْبِيْحَ والتَّحْمِيْدَ والتَّهْلِيْلَ وانْتَهَيْنَا بالدُّعَاءَ.
Aku Fatimah, aku akan menceritakan kegiatan sehari-hariku dari bangun tidur sampai tidur lagi. Aku bangun pada pukul 05.00 subuh, kemudian aku pergi ke kamar mandi untuk menyikat gigi dan berwudhu, setelah itu aku shalat subuh bersama ibuku di rumah, seusainya shalat kami berdzikir bersama kepada Allah seraya mengucap tasbih, tahmid dan tahlil, lalu diakhiri dengan do’a.

وَبَعْدَ ذلِكَ أذهب إلى مجلس التعليم مع أصدقائي للتعلم علوم الدينية إلى أستاذنا، نَدْرُسُ فِيْهِ عَنِ القُرْآنِ وَالتَّجْوِيْدِ وَكَيْفِيَةِ الصَّلَاةِ وَالقِصَصِ الإِسْلَامِيَّةِ، وَأَتَعَلَّمُ فِيْهِ حَوَلَيْ سَاعَةً.
Setelah itu aku pergi ke majlis ta’lim bersama teman-teman untuk mengaji ilmu-ilmu keagamaan kepada ustadz kami, disana kami mengaji Al-Qur’an, ilmu tajwid, tata cara shalat dan kisah-kisah keislaman, kami mengaji di sana sekitar 1 jam.

بَعْدَمَا نَهَيْنَـا عَنِ التَّعَـلُّمِ فِـي مَجْلِـسِ التَّعْلِيْـمِ نَـرْجِعُ إِلَى مَنْزِلِنَا، وَأَنَا أَرْجِـعُ إِلَى مَنْزِلِيْ فَاسْتَعْـدَدْتُ لِلذِّهَـابِ إِلَى المَدْرَسَـةِ، وَلِذَالِكَ أَسْتَحْمِـمُ ثُـمَّ أَلْبَـسُ زِيَّ المَدْرَسَـةِ، وَأُرَتِّـبُ السَّرِيْـرَ وَأُسَاعِـدُ أُمِّيْ لِإِعْـدَادِ الطَّعَـامِ. فنَتَنَـاوَلُ الفُطُـوْرَ مَعًـا، أَأْكُـلُ مَعَ أُمِّـيْ وَأَبِـيْ وأخـي الكَبِيْرِ.
Setelah selesai mengaji di majlis ta’lim kami pulang ke rumah masing-masing, aku pun pergi ke rumah aku, lalu aku bersiap-siap untuk pergi ke sekolah, karena itu aku mandi terlebih dahulu, lalu aku memakai seragam sekolah, aku membersihkan tempat tidur sebentar kemudian membantu ibu menyiapkan makanan. Setelah itu kami sarapan bareng, aku sarapan bersama ibu, bapak, dan kakak laki-lakiku.

فِي السَّـاعَةِ السَّابِعَـةِ صَبَاحًـا أَذْهَـبُ مَـعَ أَخِيْ الكَبِـيْرِ إِلَى المَدْرَسَـةِ بَعْـدَ تَنَـاوُلِ الفُطُـوْر، نَذْهَـبُ مَشْيًـا عَلَى الأَقْـدَامِ لِأَنَّ المَدْرَسَـةِ قَرِيْـبٌ مِنَ البَـيْتِ. وَأَبِــيْ يَذْهَــبُ إِلَى مَكْتَبِــهِ بِالدَّرَّاجَةِ النَّارِيَّةِ، يَسْتَغْـرِقُ لِلذِّهَــابِ إِلَيْــهِ سَاعَــةً وَاحِــدَةً، أَمَّـا أُمِّــيْ تَمْكُــثُ فِي البَـيْـتِ لِأَنَّـهَـا رَبَّــةُ الـبَـيْتِ.
Pukul 07.00 pagi sesudah sarapan pagi aku serta kakak laki-lakiku berangkat ke sekolah, kami berangkat berjalan kaki karena sekolahnya dekat dengan rumah, bapak aku pergi ke kantornya dengan mengendarai sepeda motor, untuk bisa sampai ke kantornya perkiraan menghabiskan waktu 1 jam. Adapun ibu aku tetap di rumah sebab ia adalah seorang ibu rumah tangga.

فِي السَّاعَةِ الثَّامِنَةِ صَبَاحًـا وَصَلْتُ إِلَى المَدْرَسَةِ فَأَدْخُلُ إِلَى الفَصْلِ، أَنَا طَالِبة فِيْ الفَصْلِ الثَّانِيْ مِنَ المَدْرَسَةِ المُتَوَسِّطَةِ الإِسْلَامِيَّةِ، أَدْرُسُ فِيْـهِ دُرُوْسًـا كَثِيْـرَةً وَمِنْهَـا العُلُـوْمُ الدِّيْنِيَّـةُ والعُلُـوْمُ الطَّبِيْعِيَّـةُ وَالرِّيَاضِيَّـاتُ وَالتَّـارِيْخُ وَالجُغْـرَفِـيَـا وَغَـيْرُهَـا، وَأَدْرُسُ كَذلِـكَ اللُّـغَـاتِ كَالـلُّغَـةُ الإنْدُوْنِـيْسِيَـا وَاللُّغَـةُ العَـرَبِيَّـةُ وَالُّلـغَـةُ الإِنْجِلِيْـزِيَّـةُ.
Pukul 08.00 pagi aku tiba di sekolah, langsung aku masuk kelas, aku seorang siswi MTs. kelas 2, di kelas aku belajar berbagai mata pelajaran, diantaranya ilmu-ilmu keagamaan, ilmu-ilmu alam, matematika, sejarah, geografi dsb., di sana juga aku belajar berbagai bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

فِي السَّـاعَةِ الوَاحِـدَةِ نَهَـارًا أَرْجِـعُ إِلَى البَيْـتِ بَعْـدَ أَدَاءِ صَـلَاةِ الظُّـهْرِ، ثُــمَّ أَتَغَـدِّيْ مَعَ أُمِّيْ وَأَخِي الكَبِيْرِ، فَأَمَّـا أَبِـيْ لَـمْ يَرْجِـعْ مِنْ مَكْتَبِـهِ، هُوَ يَـرْجِعُ عَـادَةً فِي السَّـاعَةِ الرَّابِعَـةِ بَعْدَ العَـصْرِ. وَبَـعْـدَهُ أُذَاكِــرُ دُرُوْسًا دَرَسْـتُ في المدرسة، وَأََحْيَـانًا أَلْـعَــبُ مَـعَ أَصْحَابِيْ فِـي فـناء البـيت، ثُـمَّ أَسْتَـرِيْـحُ إِنْتِـظَـارًا لِـصَلَاةِ الـعَـصْـرِ.
Pukul 01.00 siang setelah melaksanakan shalat dzuhur aku pulang ke rumah, kemudian makan siang bersama ibu dan kakak laki-lakiku, adapun bapakku belum pulang dari kantornya, biasanya ia pulang pukul 04.00 sore setelah ashar. Setelah itu aku mempelajari pelajaran yang telah aku pelajari di sekolah, di lain waktu aku bermain bersama sahabat-sahabatku di halaman rumah, kemudian aku istirahat sambil menunggu tibanya waktu Ashar.

فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ مَسَاءً، أصلي صلاة العصر مع أمّي في البيت، ثُمَّ بَعْدَهَـا أَتَعَلَّـمُ فِيْ مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ مَعَ أَصْدِقَائِيْ عُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةِ حَوَالَيْ سَاعَة، وَبَعْدَ انْتَهَيْنَا عَنِ التَّعَلُّمِ نَرْجِعُ إِلَى بَيْتِنَا، حِيْنَمَا وَصَلْـتُ إِلَى بَيْتِيْ أَجْـلِسُ مَـعَ أُسْـرَتِيْ فِـيْ غُـرْفَةِ الجُـلُوْسِ، نَحْـنُ نَتَـحَدَّثُ مَسْـرُوْرًا.
Pukul 04.00 sore aku shalat ashar bersama ibuku di rumah, setelah itu aku mengaji ilmu-ilmu keagamaan bersama teman-teman di majlis ta’lim sekitar 1 jam, setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing, setibanya aku di rumah aku duduk bareng bersama keluarga di ruang keluarga, kami bercengkrama dengan gembira.

فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ مَسَاءً حَانَ وَقْتُ المَغْرِبِ، فَأُصَلِّيْ صَلَاةَ المَغْرِبِ مع أمي في البيت، فَبَعْدَ ذلِكَ أَتَعَلَّمُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ عُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ حَوَالَيْ سَاعَة. فَحَانَ وَقْتُ العِشَاءِ، ثُمَّ نُصَلِّيْ صَلَاةَ العِشَاءِ جَمَاعَةً فيه. وَبَعْدَ ذلِكَ نَرْجِعُ إِلَى بُيُوْتِنَا.
Pukul 06.00 sore tibalah waktu maghrib, aku shalat maghrib bersama ibuku di rumah, setelah itu aku mengaji ilmu-ilmu keagamaan bersama teman-teman di majlis ta’lim sekitar 1 jam. Tibalah waktu isya, kami shalat isya berjamaah di sana, setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.

بَعْدَ مَا وَصَلْتُ إِلَى البَيْتِ أَتَعَشِّيْ مَعَ أُسْرَتِيْ فِيْ غُرْفَةِ الأَكْلِ، وَبَعْدَ ذلِكَ أُقِيْمُ بِالوَاجِبَاتِ المَنْزِيْلِيَّةِ ثُمَّ أُطَالِعُ المَادَّةَ الدِّرَاسِيَّةَ الَّتِيْ سَأَتَعَلَّمُ غَدًا، وَكَذلِكَ أخي الكَبِيْرِ، هو يَدْرُسُ عَنْ مَادَتِه الدِّرَاسِيَّةِ، فَأَمَا أَبِيْ يَقْرَأُ المَجَلَّةَ.
Setibanya aku di rumah aku makan malam bersama keluarga di ruang makan, setelah itu aku menyelesaikan PR, kemudian membaca-baca materi pelajaran yang akan dipelajari besok, begitu juga dengan kakak laki-lakiku, ia belajar materi pelajarannya, adapun bapak aku membaca koran.

فِـي السَّـاعَـةِ التَّـاسِعَـةِ لَيْـلًا بَعْـدَمَـا نَهَيْنَـا عَنْ أَعْمَالِـنَا في هذا الـيَوْم نَنَـامُ فِـيْ غُرْفَةِ النَّوْمِ، وَقَبْلَ النَوْمِ أَدْعُـو اللهَ كَيْ حَيَاتَنَـا مَمْلُـوْءٌ بِالبَرَكَـاتِ وَأَشْكُـرُ شُكْرًا عَـلَى نِعَـمٍ قَـدْ أَعْطَـانَا في هذا الـيَوْم.
Pukul 09.00 malam setelah kami selesai dengan aktifitas kami hari ini, kami tidur di kamar tidur, sebelumnya aku berdo’a kepada Allah supaya kehidupan kami selalu dilimpahi berkah, dan aku mengucap syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan hari ini.

Demikian uraian mengenai contoh kegiatan sehari hari dalam bahasa arab beserta harakatnya dan artinya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cerita Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-hari dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel